Monday, July 30, 2018

Bagaimana Langkah - Langkah Menghubungkan 2 Komputer Dengan Kabel LAN?


LANGKAH-LANGKAH MENGHUBUNGAN  2 KOMPUTER DENGAN KABEL LAN


Masihkah anda kebingungan dalam mengirim data ? Ada cara yang lebih mudah lhoo, yaitu dengan menggunakan kabel lan. Untuk dapat saling berhubungan antara kedua komputer secara langsung ini (tanpa menggunakan perangkat Switch) kita gunakan Kabel UTP / kabel  LAN dengan konfigurasi Cross-over.
Kalau anda sudah mempunyai kabel LAN dengan konfigurasi Cross-over, tinggal colokkan kedua ujung konektornya pada masing-masing port ethernet di kedua komputer yang akan saling terhubung.

Komputer A                                                   Komputer B
Setting IP Address :

Setelah kita sudah menyiapkan koneksi  fisiknya, kemudian agar kedua komputer dapat saling bisa berkomunikasi,  maka harus diset IP address pada masing-masing komputer ( komputer A dan komputer B).
Berikut langkah-langkahnya :

1. Port Ethernet atau LAN Card dan disebut juga NIC Card merupakan kartu jaringan tempat untuk mencolokkan kedua ujung kabel.
  
2   Langkah pertama klik logo jaringan pada toolbar sebelah bawah kanan layar desktop, dan klik Open Network and Sharing Center.

3.     Kemudian klik Local Area Connection

4.   Pada halaman Network and Sharing Center, klik Local Area Connection, Properties dan double klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Sekarang lakukan setting ip address pada kompuer A seperti berikut.

5. Pada komputer B silahkan lakukan setting ip address dengan cara yang sama dan menggunakan ip yang berbeda. Fungsi ip address tahu kan ?
Jika belum tahu, ip address (internet protocol address) merupakan deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang di gunakan sebagai alamat identifikasi tiap komputer dalam jaringan.

6.  Untuk melakukan tes apakah kedua komputer sudah terhubung, silahkan lakukan ping melalui cmd. Caranya tekan Win + R ketik cmd tekan enter atau dari All Programs, Accessories dan klik Command Prompt.
Jika command prompt sudah terbuka langsung saja ketikkan ping 192.168.0.2 dan tekan enter.

SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA :V

No comments:

Post a Comment

LAPORAN PRAKTIKUM KONFIGURASI DHCP,DNS, DAN WEB SERVER

LAPORAN PRAKTIKUM SMK Tunas Harapan Pati Kompetensi Keahlian Topik   :   Konfigurasi   DHCP, DNS, ...